Di akhir semester Gasal 2022/2023 lalu dilakukan survei
tentang kepuasan mahasiswa terhadap kinerja mengajar dosen, pelayanan
administrasi, dan sarana dan prasarana pembelajaran di Prodi Manajemen
Pendidikan Islam. Survei ini di fasilitasi oleh Gugus Penjamin Mutu Prodi Manajemen
Pendidikan Islam untuk menjalankan salah satu kegiatan dalam PPEPP penjaminan
mutu Prodi Manajemen Pendidikan Islam, dan sebagai landasan pengambilan
kebijakan selanjutnya.
Sebanyak 162 mahasiswa mengisi survei yang secara masif
diedarkan selama 45 hari terakhir oleh seluruh dosen yang mengajar di Prodi Manajemen
Pendidikan Islam, pimpinan Prodi, Staf bahkan HMJ Prodi Manajemen Pendidikan
Islam juga turut berpartisipasi menyebarkan survei.
Hasil survei menunjukkan hasil pengukuran indeks kepuasan mahasiswa terhadap layanan
yang diberikan Prodi Manajemen Pendidikan Islam, dari 5 unsur yang diangkat
yaitu Responsiveness, Reliability, Assurance, Emphaty, dan Tangible, terdapat 3
unsur dalam kategori Sangat Baik dengan skor IKM berada pada skala 81,26 -
100,00. Unsur tersebut adalah Keandalan (Reliability), Daya tanggap
(Responsiveness) Kepastian (Assurance). Selanjutnya ada 2 unsur dalam kategori
Baik dengan skor IKM berada pada skala 62,51 – 81,25. Unsur tersebut adalah
Empati (Emphaty) dan Tangible.
Berdasarkan hasil
survei tersebut, maka perlu dilakukan beberapa langkah tindak lanjut utamanya
dalam peningkatan ketersediaan dan kualitas sarana dan prasarana yang
mendapatkan skor paling rendah di unsur tangible. Untuk itu, Gugus
Penjamin Mutu Prodi Manajemen Pendidikan Islam bersama pimpinan Prodi Manajemen
Pendidikan Islam, serta Wakil Dekan II Fakultas Tarbiyah dan Keguruan berencana
mengadakan Rapat Tinjauan Manajemen untuk mengatasi masalah tersebut. Prodi
juga berencana menyampaikan hasil survei terkait unsur Emphaty di mana indikator
yang belum maksimal adalah tentang kemampuan dosen dan tenaga kependidikan
dalam memahami kepentingan dan kesulitan mahasiswa dalam rapat awal semester
Prodi bersama dosen Prodi dan Staf Manajemen Pendidikan Islam.
Di lain sisi, 3 unsur lain dinilai sangat baik di mana berdsarkan hasil survei, mahasiswa merasa Prodi, Dosen, dan Staf sangat andal, cepat tanggap, dan mampu memberikan jaminan pelayanan maksimal pada mahasiswa. Hal ini harus diapresiasi dan dipertahankan capaiannya. Laporan hasil survei ini dapat diakses di laman http://mpi.ftk.uin-alauddin.ac.id/download/detail/4354