Mahasiswa UIN Alauddin Makassar Terapkan Model Pembelajaran Pakem (Partisipasi, Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan) Berbasis Service Learning di MTs Aisyiyah Sungguminasa

  • 12 Maret 2024
  • 01:27 WITA
  • Administrator
  • Berita

Kegiatan Service Learning telah dilaksanakan oleh Mahasiswa jurusan Manajemen Pendidikan Islam di MTs Aisyiyah Sungguminasa. Kegiatan ini merupakan rangkaian program pengabdian kepada masyarakat dari Prodi Manajemen Pendidikan Islam yang diintegrasikan dalam mata kuliah berbasis Service Learning dalam rangka memenuhi tugas mata kuliah Model Pembelajaran yang diampu oleh Drs. Suarga, M.M. Adapun lokasi kegiatan Service Learning ini bertempat di Jln. Balla Lompoa No. 26 Sungguminasa, Kelurahan Sungguminasa, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa.

Kegiatan Service Learning ini mulai dilaksanakan pada tanggal 19 – 22 Desember 2023. Adapun yang melaksanakan Service Learning ini adalah mahasiswa semester 5 Manajemen Pendidikan Islam berjumlah 5 orang yaitu Siti Aisyah Hamdayani Nur, Aprianti Amyul Husna, Musfita, Muhammad Amri dan Andi Sabil Al Kasyaf. Dalam kegiatan ini menekankan penerapan Model Pembelajaran PAKEM (Partisipasi, Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan) yang di dukung dengan model Quantum Teaching sesuai dengan kondisi peserta didik untuk melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran sesuai dengan tujuan model ini. 

Adapun mata pelajaran yang di terapkan yaitu PKN (Pendidikan Kewarganegaraan) dengan sub tema “Keberagaman Suku, Ras, Agama dan Antargolongan dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika”. Dalam penerapan model pembelajaran sesuai dengan tema, mahasiswa melakukan kolaborasi dengan memberikan materi kepada setiap kelompok dan games kuis untuk mengukur sejauh mana pemahaman yang dimiliki oleh setiap peserta didik dalam kelompok atau kerjasama tim.

Kegiatan Service Learning ini dimulai dengan tahapan perencanaan yang diawali dengan perizinan untuk melakukan kegiatan, penentuan nama sekolah, mengurus surat izin Service Learning, serta melakukan diskusi kelompok mengenai model pembelajaran yang akan diterapkan pada saat service learning. Tahapan pelaksanaan mencakup kunjungan awal, pembagian kelompok dan materi, bermain games disertai dengan kuis sebagai dasar penilaian dan pemberian hadiah bagi peserta didik yang mampu menjawab soal dengan benar dan kegiatan ini di akhiri dengan sesi foto bersama peserta didik. 

Kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat dan pengalaman belajar bagi mahasiswa, akan tetapi memberikan kesan yang baik kepada peserta didik dan juga sekolah. Sebagaimana Fauziah dan Indriwati selaku peserta didik yang terlibat mengungkapkan “model pembelajaran yang diterapkan oleh kakak mahasiswa sangat asyik dan menyenangkan sehingga materi yang diberikan mudah dipahami. selain itu, kami juga bahagia bertemu dengan kakak mahasiswa semoga urusannya dimudahkan dan bisa bertemu kembali”. 

Dengan adanya kegiatan ini, mahasiswa dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik mengenai penerapan model pembelajaran PAKEM, serta model pembelajaran ini dapat dikembangkan oleh guru untuk meningkatkan partisipasi siswa secara aktif dan memacu kreativitas dalam proses pembelajaran.


Penulis : Siti Aisyah Hamdayani Nur

Editor : Chairul