Mahasiswa MPI Ikuti Pembekalan Pengenalan Lapangan Persekolahan II

  • 11 Oktober 2024
  • 02:05 WITA
  • Administrator
  • Berita

Pelaksanaan Pembekalan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) II dilaksanakan Fakultas Tarbyah dan Keguruan di gedung Pendidikan Profesi Guru (PPG) Kampus III UIN Alauddin Makassar (09/10/2024). Kegiatan ini merupakan salahsatu rangkaian tahap awal kegiatan PLP II yang akan dilaksanakan para mahasiswa di Madrasah nantinya. 

Kegiatan yang dilaksanakan mulai pukul 08.00-16.00 WITA ini dihadiri Wakil Dekan I Bidang Akademik, Dosen yang berperan sebagai pemateri dan para Tenaga Kependidikan yang bertugas sebagai Panitia, serta para mahasiswa yang merupakan peserta PLP II. Kegiatan pembekalan PLP II ini diikuti sebanyak 316 peserta mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan termasuk 20 orang mahasiswa MPI.

Dalam sambutannya Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Tarbiyah dan keguruan Dr. H. Muh. Rapi, M.Pd. menjelaskan bahwa pelaksanaan pembekalan ini wajib diikuti karena sudah merupakan bagian dari pelaksanaan PLP II kali ini. Tentu kita berharap pelaksanaan PLP II ini bisa berjalan dengan lancar dan sukses maka dibutuhkan keseriusan mahasiswa peserta PLP II untuk mengikuti kegiatan pembekalan ini, ungkapnya.

Sesi selanjutnya dalam pembekalan ini adalah pemaparan materi oleh para dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan mengenai teknis pelaksanaan PLP II, pengenalan instrumen PLP II sampai dengan penyusunan laporan PLP II. Masing-masing materi yang dibawakan secara berturut-turut oleh Dr. H. Muh. Rapi, M.Pd., Fajri Basam, S.Pd., M.Pd., Dr. Ahmad Afiif, M.Si., dan Dr. Hj. Andi Halimah, M.Pd.

Setelah istirahat, kegiatan dilanjutkan dengan materi dan kelas terpisah untuk mahasiswa peserta PLP II prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD). Pemateri untuk prodi MPI adalah Dr. Alwan Suban, M.Ag dilanjutkan materi yang dibawakan Drs. Suarga, M.M., sedangkan untuk mahasiswa peserta PLP II prodi PIAUD materi dibawakan oleh Dr. Nur Khalisah Latuconsina, S.Ag., M.Pd.            

PLP II tahun ini akan dilaksanakan pada tanggal 14 Oktober – 29 November 2024 di berbagai sekolah dan madrasah yang ada di Kota Makassar dan Kab. Gowa Sulsel.


Penulis : M. Chairul Anshar