Dalam rangka meningkatkan mutu
layanan publik perguruan tinggi, UIN Alauddin Makassar menyelenggarakan seminar nasional dengan tema “Pola Pikir dan
Komunikasi dalam peningkatan Layanan Publik”. Kegiatan ini di laksanakan pada
hari Senin tanggal 11 Desember 2023 bertempat di Auditorium Kampus II UIN
Alauddin Makassar.
Seminar nasional ini dihadiri oleh
Wakil rektor bidang akademik, dosen, tenaga kependidikan perwakilan tiap
fakultas dan mahasiswa. Salah satu peserta yang mewakili Prodi Manajemen
Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan adalah staf pengadministrasi
Rafiqha Edang, S.E. Dalam sambutannya wakil rektor bidang akademik menyampaikan
pentingnya peran dosen dan terkhusus tenaga kependidikan dalam kontribusinya
pada mutu layanan guna meningkatkan kepuasan layanan publik pada perguruan
tinggi.
Dr. Tubagus Wahyudi, S.T.,
M.Si., MCHt., CHI. sebagai seorang pakar komunikasi pelayanan publik dan juga
dosen Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas PTIQ Jakarta adalah
bertindak sebagai narasumber pada seminar nasional ini. Dalam presentasinya
pria yang akrab disapa om Bagus ini membagikan pengetahuan mengenai pentingnya
pelayanan publik di era digital saat ini. Tidak hanya itu, penulis buku The
Secret of Public Speaking Mastery; Pengalaman, Pemikiran, Uji Coba dan
Hasil Kerja Sejak 1990, juga memberikan strategi-strategi yang dapat diterapkan
untuk mencapai peningkatan pelayanan publik.
Peningkatan pelayanan publik
di perguruan tinggi merupakan aspek penting dalam menciptakan lingkungan
pendidikan yang efisien, efektif, dan responsif terhadap kebutuhan mahasiswa,
staf, dan masyarakat. Melalui seminar nasional ini diharapkan akan memberikan
manfaat positif dalam pelayanan akademik bermutu pada UIN Alauddin Makassar.
Penulis
: Chairul
Editor : Lisa N