Service Learning Mahasiswa MPI di MTsN Gowa dengan Menerapkan Metode Pembelajaran Model Jigsaw

  • 11 Desember 2024
  • 03:16 WITA
  • Administrator
  • Berita

Mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) kelompok 3 kelas A angkatan 2022 melaksanakan service learning dalam mata kuliah Model Pembelajaran di MTsN Gowa pada Senin (11/12/2024).  

Dalam pelaksanaannya, mahasiswa menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw untuk mengajarkan materi “Keberagaman Suku di Indonesia”. Metode ini dipilih karena mampu meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran melalui kerja sama kelompok.  

Proses pembelajaran dimulai dengan pembagian siswa ke dalam beberapa kelompok awal yang disebut “kelompok asal”. Setiap kelompok diberikan satu bagian materi mengenai keberagaman suku tertentu di Indonesia. Mereka diminta mempelajari budaya suku yang telah ditentukan, termasuk adat istiadat, tarian tradisional, dan rumah adat yang dimiliki oleh suku tersebut. 

Setelah mempelajari materi tersebut, siswa dari setiap kelompok asal bergabung dengan siswa dari kelompok lain untuk membentuk “kelompok ahli”. Di kelompok ahli, mereka berbagi informasi yang telah dipelajari sebelumnya sehingga masing-masing siswa mendapatkan pemahaman yang lebih luas.

Salah satu mahasiswa, Nurfadhilah Syafika Ramadhani, menjelaskan bahwa metode ini membuat siswa lebih aktif dan saling bergantung untuk menyelesaikan tugas belajar. “Siswa terlihat antusias dan termotivasi untuk belajar karena mereka memiliki tanggung jawab untuk menjelaskan materi kepada teman-teman mereka di kelompok lain. Ini membuat suasana belajar menjadi lebih hidup dan interaktif”, ungkap Nurfadilah.  

Sementara itu, siswa yang menjadi peserta pembelajaran mengaku lebih mudah memahami materi berkat metode pembelajaran yang menarik dan interaktif ini. Salah satu siswa yang mengikuti kegiatan tersebut mengatakan, “Belajarnya jadi lebih seru karena kami belajar sambil berdiskusi dengan teman-teman", tutupnya.


Penulis : Mochtar Luthfi Al Anshari

Editor : M. Chairul Anshar