Mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar telah melakukan kegiatan Service Learning berupa observasi lapangan dan pengabdian masyarakat di salah satu lembaga pendidikan yaitu MTs Arifah Gowa yang terletak di Jl. Bakolu, Pangkabinanga, Kec. Pallangga, Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan. Kegiatan Service Learning ini bertujuan untuk memberikan pengalaman dan pelajaran bagi mahasiswa mengenai pengimplementasian salah satu model pembelajaran yaitu model pembelajaran kooperatif. Kegiatan ini dilaksanakan oleh mahasiswa semester 5, kelompok 4 yang beranggotakan Vira Al Jumu’at, Nur Annisa, Lutfyah Salsabila Rosadi, Ahmad Nahjul Tsaqif, Abdul Rizal dan Anugerah Setiawan. Adapun dosen pengampu mata kuliah model pembelajaran yaitu Drs. Suarga M.M.
Dalam upaya mengintegrasikan teori pembelajaran ke dalam kehidupan nyata, mahasiswa dari UIN Alauddin Makassar melaksanakan kegiatan Service Learning, pada tanggal 8 - 19 Desember 2023. Kegiatan ini menekankan penerapan model pembelajaran kooperatif sebagai metode yang dapat meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar kognitif peserta didik. Materi pembelajaran yang dipilih adalah akidah akhlak, dipandang sebagai landasan bagi perkembangan karakter peserta didik. Pemilihan topik ini sejalan dengan karakteristik pembelajaran kooperatif, di mana siswa berperan aktif dan berinteraksi dalam kelompok untuk membahas nilai-nilai moral.
Kegiatan Service Learning ini dimulai dengan tahapan perencanaan, termasuk penentuan nama sekolah, pengurusan surat izin, dan pembentukan kelompok peserta didik. Tahap pelaksanaan mencakup kunjungan awal, penjelasan materi, pembagian kelompok, penayangan video pembelajaran, penilaian melalui kuis berkelompok, dan pemberian hadiah kepada kelompok terbaik. Evaluasi dilakukan melalui pemberian hadiah kepada kelompok yang menunjukkan prestasi terbaik. Service learning ini tidak hanya memberikan manfaat bagi mahasiswa, tetapi juga memperkuat hubungan positif antara perguruan tinggi dan sekolah setempat.
Service Learning ini membawa manfaat signifikan dalam meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran praktis. Model pembelajaran kooperatif berhasil diterapkan, memberikan kontribusi pada keterlibatan siswa dan memperkaya pengalaman pembelajaran.
Penulis : Vira Al Jumu’at
Editor : Chairul