Mahasiswa UIN Alauddin Makassar Terapkan Model Pembelajaran PAKEM (Partisipan, Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) dalam Service Learning

  • 01 Maret 2024
  • 08:44 WITA
  • Administrator
  • Berita

Pada tanggal 13-20 Desember 2023, mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar melaksanakan kegiatan Service Learning yang berupa observasi lapangan serta pengabdian masyarakat di salah satu lembaga pendidikan yaitu UPT SPF SD Negeri Kassi yang terletak di Jl. Bakolu, Pangkabinanga, Kec. Pallangga, Kab. Gowa Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia, Kode pos 92119. 

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman dan pembelajaran kepada mahasiswa terkait penerapan suatu model pembelajaran yaitu model pembelajaran PAKEM. Kegiatan Service Learning ini dilaksanakan oleh mahasiswa semester 5 yang anggotanya terdiri dari Afrah Mahdia, Syifa Syafiani, Dewi Amanda, ST. Komariah dan Asrina Wijaya. Dalam pelaksanaan kegiatan ini mahasiswa di dampingi oleh salah satu guru yaitu bapak M. Nasir S.Pd.I dan di bimbing oleh dosen pengampuh matakuliah model pembelajaran yaitu bapak Drs. Suarga, M.M.

Dalam kegiatan Service Learning yang dilaksanakan, mahasiswa menekankan penerapan model pembelajaran PAKEM sesuai dengan kondisi peserta didik yang di dasarkan pada keaktifan, kreatif, dan menyenangkan bagi peserta didik. Materi pembelajaran yang diterapkan yaitu PAI dengan sub tema mengenai kisah Nabi Syuaib. Dalam pemilihan sub tema ini mahasiswa melakukan kolaborasi dengan menampilkan video dan games untuk mengukur tingkat keaktifan, kreatifitas, dan partisipasi peserta didik dalam penerapan model ini. 

Kegiatan Service Learning ini dimulai dengan tahapan perencana yang diawali dengan perizinan untuk melakukan kegiatan, penentuan nama sekolah, mengurus surat izin Service Learning, serta melakukan diskusi kelompok mengenai model pembelajaran yang akan diterapkan pada saat Service Learning. Tahapan pelaksanaan mencakup kunjungan awal, pemaparan materi, dan pembagian kelompok, penayangan video pembelajaran, bermain games disertai dengan kuis sebagai dasar penilaian dan pemberian hadiah bagi peserta didik yang mampu menjawab soal dengan benar. Kegiatan ini di akhiri dengan sesi foto bersama peserta didik. Kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat dan pengalaman belajar bagi mahasiswa, akan tetapi memberikan kesan yang baik kepada peserta didik dan juga sekolah. 

Dengan adanya kegiatan ini, mahasiswa dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik mengenai penerapan model pembelajaran PAKEM, serta dapat mengembangkatan keterampilan mahasiswa dalam penerapan model pembelajaran lainnya. 


Penulis: ST. Komariah

Editor : Chairul