Mahasiswa MPI Lakukan Kunjungan Observasi pada Institut Parahikma Indonesia

  • 05 Januari 2024
  • 09:11 WITA
  • Administrator
  • Berita

Mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar melaksanakan kegiatan Service Learning di Lembaga Pendidikan Perguruan Tinggi dalam hal ini sebagai praktik dan penilaian tugas pada mata kuliah Sistem Informasi Manajemen (SIM). Kegiatan service learning yang dilakukan di Institut Parahikma Indonesia berlangsung selama 5 kali pertemuan dimulai pada tanggal 19 Mei sampai 8 Juni 2023. Kegiatan service learning ini bertujuan agar mahasiswa dapat belajar untuk memberikan perhatian terhadap lingkungan, menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi di lembaga pendidikan, mengembangkan keterampilan berkomunikasi dan bekerja sama, melakukan negosiasi, serta mendapatkan banyak pembelajaran praktis lainnya yang akan mempertajam kemampuan mahasiswa dalam lingkup akademik, life skill maupun dalam aspek sosialnya.

Adapun tim pelaksana service learning yakni dari kelompok 3 mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Islam (MPI) kelas A angkatan 2020 beranggotakan diantaranya, Juhrika Wulan Syah, Syamrina, Siti Mudalifah, Irma, Hildatus Zakiyah, Ardiyanti Sukmana, Husnul Karim, Alma Nurkhaerani Darwis, Ilvan Padila, dan Muhammad Shahrizal. Kegiatan service learning yang dilakukan berupa observasi kampus, pengabdian masyarakat yang meliputi kegiatan membantu mengelola website kampus, input data untuk jam kuliah dosen dan mahasiswa, serta membantu pelaksanaan kegiatan penerimaan mahasiswa baru (PMB) bersama panitia pelaksana. Kegiatan lainnya adalah wawancara bersama narasumber diantaranya Ibu Nur Hikmah, S.Pd.I., M.Pd. selaku Kepala Pangkalan Data LPM, dan Bapak Ahmad Rizaldi, S.Pd., selaku Staf Pangkalan Data.

Wawancara dilakukan dengan menanyakan beberapa pertanyaan terkait dengan materi pada mata kuliah yang bersangkutan seperti bagaimana mekanisme perencanaan sistem informasi manajemen (SIM) di kampus, pengelolaan SIM yang efektif, mekanisme untuk manajemen basis data, seperti apa aplikasi yang digunakan, bagaimana SIM berfungsi sebagai salah satu faktor pengambillxxix kebijakan di kampus, dan lain sebagainya yang menjurus pada bentuk pengimplementasian sistem informasi manajemen (SIM) di Institut Parahikma Indonesia. Tak lupa kesan dan pesan dari pihak kampus yang disampaikan oleh Bapak Muhammad Dahlan, S.IP. mewakili pimpinan Institut Parahikma Indonesia menyampaikan “Kami mewakili pihak perguruan tinggi Institut Parahikma Indonesia mengucapkan terima kasih kepada mahasisa Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah da Keguruan UIN Alauddin Makassar atas kunjungan dan program yang telah dilaksanakan, kami berharap ilmu dan pengalaman yang didapatkan dapat bermanfaat dalam studi yang ditempuh,” Ucapnya selaku Kepala Bagian Umum Kepegawaian, Keuangan dan Perencanaan Institut Parahikma Indonesia.

 

Penulis : Juhrika Wulan Syah

Editor : LN