Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas
Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar laksanakan kegiatan Latihan
Kepemimpinan Mahasiswa Manajemen (LKMM) tahun 2022 yang berlangsung selama 3
hari, Jum’at – Minggu, 18-20 November 2022. Rangkaian sesi materi LKMM dilakukan di LT Barat Fakultas
Tarbiyah dan Keguruan dengan jumlah peserta sebanyak 54 orang mahasiswa MPI
angkatan 2022.
Kegiatan LKMM yang bertemakan “Membentuk Mahasiswa yang
Berintelektual, Bertalenta, dan Progresif di Era Modernisasi Keislaman” ini
menghadirkan beragam materi yang relevan dengan kebutuhan intelektual dan
kepemimpinan mahasiswa MPI. Materi-materi yang disuguhkan di antaranya adalah
metode persidangan, ke-MPI-an, Kepemimpinan, Identitas Mahasiswa,
Keorganisasian, Retorika, Problem Solving dan Decision
Making, serta Kerangka Berpikir Ilmiah (KBI).
Adapun materi tentang ke-MPI-an yang dibawakan oleh Dosen Prodi MPI
yaitu Dr. Hj. Yuspiani, M.Pd. selaku narasumber dengan apiknya menjelaskan bahwa MPI adalah
jurusan yang mempelajari tentang semua bentuk pengelolaan dan pelaksanaan
proses pendidikan, termasuk infrastruktur atau stake holder di dalamnya.
Ilmu Manajemen Pendidikan Islam membahas tentang pengelolaan lembaga pendidikan
Islam secara Islami, tentang bagaimana merencanakan, mengelola, melaksanakan,
dan mengawasi proses pendidikan, peserta didik, stake holder serta
infrastruktur lembaga pendidikan dengan mengacu pada nilai dan tuntunan agama
Islam yang berdasarkan Al-Qur’an dan Hadist.
Tak lupa beliau menyampaikan bahwa lulusan MPI peluang untuk bekerja semakin luas, tidak hanya dapat
berkarir di lembaga pendidikan Islam, tapi juga di semua lembaga pendidikan,
karena tentunya setiap lembaga pendidikan membutuhkan manajemen yang baik dalam
mengelola mengatur proses dan kegiatan pendidikan pengajaran, kesiswaan, stake
holder, kurikulum, sarana-prasarana, hingga keuangan. Alumni MPI dapat berkarir sebagai tenaga administrasi pendidikan,
analis sistem pendidikan, konsultan pendidikan pegawai tata usaha, supervisor pendidikan, dan peneliti di bidang pendidikan, selain itu juga dapat menjadi Dosen apabila
melanjutkan pendidikannya hingga jenjang magister maupun doktoral.
Kegiatan materi dan diskusi berlangsung dengan hikmat, para mahasiswa MPI begitu antusias menyimak dan bertukar pikiran menyampaikan gagasannya, dengan adanya materi ini telah memberikan penguatan pengetahuan terkait MPI dan prospek kerja MPI, selanjutnya sesi materi ditutup dengan dokumentasi bersama.
Penulis : Juhrika Wulan Syah
Editor : Lisa N