Dosen Prodi MPI Ikuti Pelatihan Penyusunan RPS Berbasis Integrasi Penelitian/PkM/Moderasi Beragama

  • 27 Februari 2023
  • 08:26 WITA
  • Administrator
  • Berita

Pelatihan Penyusunan RPS Berbasis Integrasi Penelitian/PkM/Moderasi Beragama merupakan pelatihan yang diselenggarakan oleh Komite Penjamin Mutu Fakultas Tarbiyah dan Keguruan bekerja sama dengan Gugus Penjamin Mutu Prodi Manajemen Pendidikan Islam (25/02/2023). Kegiatan ini diadakan sebagai bentuk tindak lanjut dari temuan bahwa banyak RPS yang disusun oleh dosen pengampu mata kuliah di Prodi Manajemen Pendidikan Islam belum terintegrasi pada penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan moderasi beragama. 

Tuntutan akreditasi 9 kriteria saat ini, mewajibkan seluruh RPS harus berintegrasi pada penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, yang dapat termuat setidaknya dalam Capaian Pembelajaran Lulusan, referensi, atau materi pembelajaran. Prodi Manajemen Pendidikan Islam juga berharap dapat melampaui target SN Dikti dengan menyusun RPS berintegrasi Moderasi Beragama sebagai salah satu Prodi yang dinaungi Kementerian Agama Republik Indonesia. Oleh karenanya dilaksanakanlah Pelatihan Penyusunan RPS Berbasis Integrasi Penelitian/PkM/Moderasi Beragama ini. Harapannya seluruh dosen yang mengikuti kegiatan ini dapat menyusun RPS yang berintegrasi dengan penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan moderasi beragama. 

Narasumber yang hadir dalam kegiatan tersebut ada tiga orang dimana satu diantaranya merupakan narasumber eksternal yang diundang sebagai dosen tamu dari Universitas Negeri Makassar yaitu Dr. Ismail, M.S. Materi yang beliau bawakan adalah Penyusunan RPS Terintegrasi Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat ke Mata Kuliah. Selanjutnya, dua dosen internal yaitu Prof. Zulfahmi Alwi, Ph.D. yang membawakan materi Penyusunan RPS Terintegrasi Islam dan Moderasi Beragama, dan Dr. Hj. St. Syamsudduha, M.Pd yang membawakan materi Praktik Penyusunan RPS sekaligus membimbing para dosen untuk menyusun RPS dan mereview RPS yang ada. Adapun Ketua Gugus Penjamin Mutu Prodi Manajemen Pendidikan Islam, ditunjuk sebagai fasilitator, yang membantu para dosen Prodi Manajemen Pendidikan Islam menyusun RPS selama pelatihan tersebut.

Kegiatan ini berlangsung seharian di Sabtu, 25 Februari 2022 dari pukul 08.00 sampai 16.00 Wita. Nampak hadir lebih dari 50% dosen homebase Prodi Manajemen Pendidikan Islam, serta dosen dari Prodi lainnya. Salah satu dosen Prodi Manajemen Pendidikan Islam Dr. Alwan Suban, M.Ag. aktif berpartisipasi pada materi tentang Penyusunan RPS Terintegrasi Islam dan Moderasi Beragama yang dibawakan oleh Prof. Zulfahmi Alwi, Ph.D. Beliau menyampaikan apresiasi yang luar biasa bahwa telah ada kegiatan ini yang ternyata juga menintegrasikan pembelajaran pada moderasi beragama, hal ini sangat baik mengingat banyak orang saat ini yang tidak moderat. 

Praktik penyusunan RPS pada materi yang dibawakan oleh Dr. Hj. St. Syamsudduha, M.Pd juga berlangsung padat. Beliau nampak membimbing langsung peserta pelatihan untuk menyusun Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) dan Sub-Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (Sub-CPMK). Beliau mereview beberapa RPS dan memberikan masukan yang membangun. 

Adapun tindak lanjut dari kegiatan ini, diharapkan semua dosen yang mengikuti pelatihan ini dapat mengumpulkan RPS-nya yang telah terintegrasi pada penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan moderasi beragama, serta dapat mengaplikasikan RPS tersebut dalam proses pembelajaran. Selain itu, diharapkan pada pimpinan prodi dan ugus Penjamin Mutu Prodi yang belum tersedia Capaian Pembelajaran Lulusan yang terintegrasi pada penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan moderasi beragama agar dapat disusun segera. 


Penulis : Lisa N