Tingkatkan Kualitas dan Kuantitas Mahasiswa Prodi MPI Laksanakan Service Learning

  • 15 Januari 2023
  • 06:10 WITA
  • Administrator
  • Berita

Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam laksanakan Service Learning di berbagai sekolah, kegiatan Service Learning ini di selenggarakan sejak tanggal 22 Oktober hingga 06 November 2022. Service Learning ini dilaksanakan untuk memenuhi tugas mata kuliah Penulisan dan Publikasi Karya Tulis Ilmiah.

Tujuan dari Service Learning ini untuk memberikan perbaikan pada mutu sekolah sebagai bentuk pengabdian prodi MPI pada masyarakat. Kegiatan ini juga membantu mahasiswa agar dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh di kelas. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan program pengabdian kepada masyarakat dari Prodi MPI yang diintehrasikan langsung dalam mata kuliah berbasis Service Learning

Salah satu sekolah yang dijadikan lokasi Service Learning adalah MTs Muhammadiyah Bontorita yang terletak di Jl. Garrang Bontomangape Kecamatan Galesong Selatan Kabupaten Takalar. Sekolah ini dipilih oleh mahasiswa beradasarkan instruksi dari dosen pembimbing Dr. Andi Halimah, M. Pd. bahwasanya sekolah yang menjadi tumpuan utama dalam pelaksanaan Service Learning ini adalah sekolah yang harus dibawah naungan Kementerian Agama.

Dalam pelaksanaan Service Learning ini terdiri dari lima mahasiswa diantaranya, Sutina, Nur Ekasari, Muh. Ali Sati Hasibuan, Hasbullah dan Nurfaidahtul Zannah yang merupakan mahasiswa Angkatan 2021.

Ada berbagai macam kegiatan yang dilakukan pada Service Learning kali ini, selain melakukan wawancara oleh pihak madrasah terkait kondisi madrasah seperti manajamen administrasi tata usaha, manajemen kelas, manajemen kesiswaan dan manajemen perpustakaan. Selanjutnya, para mahasiswa melakukan observasi terkait kondisi perpustakaan yang ada di sekolah tersebut.

Pada Service Learning di MTs Muhammadiyah Bontorita ini, selain melakukan observasi mahasiswa juga turut andil dalam melakaukan pengabdian masyarakat, diantranya membersihkan almari perpustakaan lalu dilanjutkkan dengan menyusun buku sesuai dengan klasifikasinya. Bukan hanya sekedar melakukan proses pengklasifikasian buku saja, melainkan mahasiswa juga melakukan pembuatan label untuk buku-buku yang telkah disusun agara siswa maupun seluruh jajaran masyarakat sekolah memberikan kemudahan ketika hendak membaca atau mencari referensi buku yang dibutuhkan.

Selain itu, di Madrasah Muhammadiyah ini, koleksi bukunya dimuat dalam dua koleksi diantaranya koleksi manual yang di tulis dalam bentuk buku, sedangkan dalam koleksi digital, dapat diakses melalui soft file koleksi buku yang telah dibuat melalui aplikasi sederhana berbentuk excel, yang kemudian pihak Pustaka mengirim akses elektronik tersebut melalui aplikasi Whatsapp, agar mudah diakses dimana-mana melaui Android.



Penulis : Sadirah

Editor : Lisa N