Model Pembelajaran Mahasiswa MPI Angkatan 2021 Bertajuk Service Learning Melalui Penerapan Model Pembelajaran Pakem (Partisipatif, Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan) di SDN 56 Lassang II

  • 13 Juni 2024
  • 03:09 WITA
  • Administrator
  • Berita

Mahasiswa MPI kelas B Angkatan 2021 Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar telah  melaksanakan service learning untuk Memenuhi tugas mata kuliah Model Pembelajaran. Lembaga pendidikan yang menjadi tempat pelaksanaan kegiatan service learning kelompok 2 yaitu SDN 56 LASSANG II yang terletak di Towata Kec. Polombangkeng Utara Kab. Takalar dengan kepala Sekolah yaitu Ridwan Mansyur, S.Pd.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 15-16 Desember 2023. Kegiatan ini berlangsung dua hari berdasarkan kesepakatan dengan pihak sekolah. Model pembelajaran berbasis PAKEM ini diterapkan kepada peserta didik kelas 4. Pelaksanaa service learning itu dilakukan oleh kelompok 2 yang berjumlah 5 Orang yaitu: Sucy Nabila Ali Khan, Hafidah Mashurin, Adevira, Nurul Hikma, dan Nurafni.

Adapun dosen pengampu pada mata kuliah model pembelajaran yaitu Drs. Suarga, M.M. Kegiatan yang kami lakukan yakni model pembelajaran PAKEM yang di dukung dengan service learning dan dokumentasi.

Adapun program atau kontribusi yang kami lakukan di sekolah yaitu menerapkan model pembelajaran PAKEM kepada siswa kelas 4. Model PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) ini menekankan pada pendekatan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Kami pun menerapkan model ini dengan tujuan agar siswa membuat kreativitas sesuai imajinasi mereka, hal tersebut sesuai dengan pendekatan ini karena melibatkan aspek kreatif dan aktif dalam pembelajaran, bukan hanya itu saja kami juga memberikan reward kepada siswa yang memiliki kreativitas yang bagus dan menarik.

Mahasiswa MPI B Kelompok 2 mengucapkan rasa terima kasih kepada sekolah atas penerimaan dan kesempatan yang diberikan kepada kami untuk menerapkan model pembelajaran berbasis PAKEM. Kami berharap pengalaman menarik dan menyenangkan dari penerapan model ini dapat meninggalkan kesan positif di hati peserta didik Kelas 4 SDN 56 LASSANG II. 


Penulis : Nurafni

Editor : M. Chairul Anshar