Service Learning SDI Tello Baru III ; Pengimplementasian Model Pembelajaran Kooperatif Jenis STAD Oleh Kelompok 3 MPI B

  • 05 Juni 2024
  • 02:46 WITA
  • Administrator
  • Berita

Mahasiswa kelas B Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar telah melakukan service learning untuk memenuhi tugas UAS pada mata kuliah Model-Model Pembelajaran. Lembaga pendidikan yang menjadi tempat pelaksanaan kegiatan service learning kelompok 3 yaitu SDI TELLO BARU III yang terletak di Jl. Abdullah Daeng Sirua No.330, Batua, Kec. Manggala, Kota Makassar, Sulawesi Selatan dengan kepala sekolah Mahmuddin, S.Pd dan yang menjadi guru pamong kami yaitu Hermiati., S.Pd., M.Pd. kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari mulai dari tanggal 16 Desember sampai dengan 18 Desember 2023. Pelaksanaan service learning dilakukan oleh kelompok 3 yang berjumlah 5 orang yaitu Nur Indra Natsir, Muhammad Anugrah Pratama, Muhammad Farhat, Mutmainnah, Windy Widayanti Putri. Adapun dosen pengampu mata kuliah Model-Model Pembelajaran yaitu Drs. Suarga, M.M. kegiatan yang dilakukan adalah menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Jenis STAD didukung dengan dokumentasi.

Adapun program atau konstribusi yang kami lakukan disekolah yaitu menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Jenis STAD dengan memberikan pertanyaan untuk kelompok-kelompok yang sudah di bentuk lalu memberikan reward kepada kelompok yang mendapatkan nilai tinggi atau menjawab pertanyaan dengan baik. Selain itu kami juga memberikan sertifikat/piagam kepada pihak sekolah sebagai bentuk apresiasi karena telah menerima kami disekolah dan siap membimbing kami selama kegiatan service learning berlangsung.

Kegiatan ini memberikan kesan kepada kepala sekolah yang mengatakan bahwa kegiatan selama ananda Mahasiswa MPI UIN Alauddin Makassar melakukan kegiatan Service Learning di sekolah, kami sangat berterima kasih karena kedatangan kalian memberikan manfaat yang besar bagi peserta didik dan bantuan tenaga yang besar yaitu membantu wali kelas V yang sempat berhalangan untuk datang ke sekolah, sedikit pesan untuk Ananda semua “semoga Ananda semua sukses dalam menjalankan tugas-tugas sehingga selesai studinya dengan gelar sarjana dan ilmu yang bermanfaat bagi masyarakat dan dapat menjadi tenaga pendidik yang baik dalam memimpin sekolah".

 

Penulis : Mutmainnah

Editor : M. Chairul Anshar