Model Pembelajaran Menarik dan Menyenangkan, PkM Oleh Mahasiswa MPI Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Web di SDIT Unggulan Mawaddah

  • 04 Juni 2024
  • 02:34 WITA
  • Administrator
  • Berita

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) oleh mahasiswa MPI angkatan 2021 yang bertajuk service learning, merupakan salah satu kegiatan dari penugasan akhir mata kuliah “Model Pembelajaran”. Mahasiswa MPI angkatan 2021 ditugaskan oleh bapak Drs. Suarga, M.M., selaku dosen mata kuliah untuk menerapkan salah satu dari teori model-model pembelajaran secara langsung di sekolah-sekolah. Penerapan model pembelajaran ini merupakan bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat dengan harapan lahirnya berbagai variasi dan kreatifitas dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Dewasa ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak terlepas dari keseharian manusia, terutama penggunaan teknologi yang berkembang pesat. Melihat perkembangan  ini,  mahasiswa  MPI Angkatan  2021  dari  kelas  B  yang  tergabung  dalam kelompok 1 model pembelajaran dengan anggota kelompok, Marwiyah Windah Wael; Nabila Ilham; Muliati; Rema Wahyuni; dan Nurleni, menyepakati untuk melaksanakan pembelajaran berbasis web pada pelaksanaan service learning. Untuk menerapkan model pembelajaran ini, Windah dan teman-teman menelusuri sekolah-sekolah yang dianggap coccok untuk penerapan model pembelajaran berbasis web, yang akhirnya dipertemukan dengan salah satu sekolah swasta di Makassar, yaitu SDIT Unggulan Mawaddah. SDIT Unggulan Mawaddah terletak di Jl. Antang Raya No.25, Antang, Kec. Manggala, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90234. Pelaksanaan service learning di SDIT Unggulan Mawaddah berlangsung 1 hari yaitu pada hari Senin, 18 Desember 2023. Kegiatan ini hanya berlangsung satu hari berdasarkan kesepakatan dengan pihat sekolah yang diwakili oleh bapak Rahmat Hidayat. Model pembelajaran berbasis web diterapkan kepada peserta didik kelas 3 putri, yang berjumlah 17 orang.

Website yang digunakan oleh kelompok 1 adalah educaplay melalui games “froggy jumps”. Menurut anggota kelompok 1, permainan ini dipilih karena menunjukkan visual yang menarik untuk dipandang peserta didik kelas 3 SD dan dapat mengasah memori dari materi pelajaran yang telah didapat oleh peserta didik, serta memberikan dorongan positif untuk berpartisipasi dan berkompetisi memberi jawaban baik dan benar. Dari hasil pelaksanaan model pembelajaran ini, kelompok 1 merasakan atmosfir yang hangat, semangat, dan menyenangkan dari peserta didik di dalam kelas. Salah satu peserta didik yang bernama Khanza  menyampaikan  rasa senangnya  karena  melihat  gambar-gambar  planet  di  dalam permainan serta dapat menjawab pertanyaan sehingga mendapatkan reward (coklat) dari kakak yang mengajar. Ucapan selamat dan terima kasih juga disampaikan oleh ustadz Rahmat, beliau menambahkan, “sekolah menerima dengan tangan terbuka kehadiran adik-adik mahasiswa di lain kesempatan dan semoga ilmu yang diberikan dapat bermanfaat bagi peserta didik dan menjadi pengalaman baik yang dapat diingat oleh adik-adik mahasiswa”.

Kelompok 1 berterimakasih kepada pihak sekolah yang sudah menerima dan memberi kesempatan untuk melakukan penerapan model pembelajaran berbasis web, dan semoga kesan baik, menarik dan menyenangkan dari penerapan model ini bisa membekas di hati peserta didik kelas 3 putri SDIT Unggulan Mawaddah.


Penulis : Marwiyah Windah Wael

Editor : M. Chairul Anshar