Service Learning MI Guppi Borong Pa’lala Model Pembelajaran Tematik Oleh Kelompok 5 Angkatan 2021 MPI

  • 02 Juni 2024
  • 11:52 WITA
  • Administrator
  • Berita

Mahasiswa kelas B Angkatan 2021 Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar telah melakukan service learning untuk memenuhi tugas mata kuliah Model Pembelajaran. Lembaga Pendidikan yang menjadi tempat pelaksanaan kegiatan service learning kelompok 5 yaitu MI Guppi Borong Pa’lala yang terletak di kecamatan Pattalassang, kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan dengan kepala sekolah Salli, S. Ag. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari yaitu mulai pada tanggal 13 Desember  2023 dan tanggal 15 Desember 2023. Pelaksanaan service learning  itu dilakukan oleh kelompok 5 yang berjumlah 5 orang yaitu Amar Ma’ruf, Muh. Alif, Nasran Yusuf, Nurmalitasari, dan Farha Kamilatun Nuha. Adapun dosen pengampu pada mata kuliah Model Model Pembelajaran yaitu Drs. Suarga, M.M. Kegiatan yang kami lakukan yakni Model Pembelajaran Tematik yang didukung dengan service learning, wawancara, dan dokumentasi.

Adapun program atau kontribusi yang kami lakukan di sekolah yaitu menerapkan model pembelajaran Tematik kepada siswa kelas 5 seperti memberikan kuis-kuis berupa pertanyaan yang beragam dari beberapa mata pelajaran. Setiap  masing-masing kelompok diberikan hadiah berupa snack dan alat tulis sebagai bentuk apresiasi. Dan kami juga mengucapkan Terima Kasih kepada pihak sekolah karena telah siap menerima kami di sekolah dan siap membimbing kami selama kegiatan service learning di MI Guppi Borong Pa’lala. Siswa kelas 5 sangat antusias dalam pemberian kuis yang kami berikan, dan mereka dominan lebih menyukai kuis agama, jadi kamipun lebih banyak memberikan diranah tersebut, namun tidak lupa juga memberikan pertanyaan yang sesuai dengan pembelajaran lain. 

Kegiatan ini memberikan kesan dari kepala sekolah yang mengatakan bahwa “selama ananda mahasiswa MPI UIN Alauddin Makassar Melakukan kegiatan Service Learning di sekolah, kami sangat berterima kasih banyak atas dedikasi dan waktu yang telah kalian berikan dalam melakukan service learning  di sekolah kami. Partisipasi kalian sangat membantu bagi kami. Saya ingin memberi selamat kepada ananda sekalian karena telah berhasil mencapai tujuan  service  learningnya. Kami sangat mendukung perjalanan pendidikan ananda, pengalaman lapangan ananda memberikan wawasan nyata tentang dinamika pendidikan. Ini adalah pondasi yang kuat untuk memahami tantangan sehari-hari di kelas dan sekolah. Saya harap ini bukanlah akhir dari pertemuan kita. Teruslah mengembangkan pemikiran kritis dan kreatif kalian. Dunia pendidikan membutuhkan inovator seperti kalian untuk terus membawa perubahan positif, sedikit pesan semoga ananda semua sukses dalam menjalankan tugas-tugasnya sehingga nantinya akan selesai dengan membawa pulang gelar sarjana dan ilmu yang bisa bermanfaat bagi masyarakat dan orang lain dan dapat menjadi tenaga kependidikan yang handal dalam memimpin sekolah”.


Penulis : Muh. Alif

Editor : M. Chairul Anshar