Berorientasi pada Karya Tulis Mahasiswa, HMJ MPI Periode 2024 Gelar Workshop Riset dan Kepenulisan

  • 30 April 2024
  • 12:30 WITA
  • Administrator
  • Berita

Bertempat di ruang LT. Timur Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Islam (HMJ-MPI) periode 2024 lewat program kerja Departemen Penelitian dan Pengembangan telah mengadakan kegiatan Workshop Riset dan Kepenulisan. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 20 April 2024 dengan tema "Menumbuhkan Budaya Ilmiah dan Meningkatkan Karya Tulis Mahasiswa MPI". Workshop riset dan kepenulisan kali ini diikuti oleh mahasiswa Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) berjumlah 73 mahasiswa dari angkatan 2021, 2022, dan 2023 yang mendaftarkan diri.  

Muh. Syakir Firman anggota Departemen Penelitian dan Pengembangan sekaligus Ketua Pelaksana Workshop Riset dan Kepenulisan dalam laporannya menyampaikan harapan agar acara sukses terlaksana sampai akhir dan semoga tujuan kegiatan ini bisa tercapai. Ketua Umum HMJ-MPI periode 2024, Tighfar Ramadhan dalam sambutannya menambahkan “kegiatan ini adalah kegiatan positif yang bermanfaat bagi mahasiswa MPI sebagai akademisi yang harus terbiasa membuat karya tulis dan sebagai bekal untuk tugas akhir kuliah, jadi semangat untuk peserta dan panitia sampai akhir kegiatan”.

Kegiatan Workshop Riset dan Kepenulisan sukses terlaksana, dan berjalan interaktif. Kegiatan dibuka langsung oleh Sekretaris Prodi MPI Lisa Nursita, S.E., M.Si. Dalam sambutannya beliau mengapresiasi kegiatan ini dan memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk bisa menghasilkan karya tulis yang dapat dipublikasikan dan dibukukan. Kemudian memasuki acara inti yaitu pemberian materi. Kegiatan ini dihadiri oleh narasumber yang pakar dibidang riset dan kepenulisan. Materi riset dibawakan oleh St. Ibrah Mustafa Kamal, S.E., M.Sc., selaku akademisi dari UIN Alauddin Makassar yang juga sering melakukan kegiatan riset atau penelitian, baik dilingkungan pendidikan maupun dilingkungan perusahaan. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi kepenulisan yang dibawakan oleh Lisa Nursita, S.E., M.Si., selaku akademisi dari UIN Alauddin Makassar yang juga aktif menulis dan mempublikasi karya tulisnya, beberapa jurnal artikelnya dibedah langsung pada sesi pemaparan materi. Para narasumber memberikan pemahaman yang jelas terkait riset dan kepenulisan. Pemaparan materi dipandu oleh Sakina Arjuni dan Siti Aisyah Hamdayani Nur sebagai moderator. Kegiatan ditutup dengan penyerahan sertifikat dan foto bersama.


Penulis : Marwiyah Windah Wael

Editor : M. Chairul Anshar