Mahasiswa Belajar Uji Asumsi Klasik dengan SPSS di Hari Kedua Praktikum Komputer 1

  • 17 Juni 2022
  • 11:08 WITA
  • Administrator
  • Berita

Melanjutkan kegiatan praktikum komputer 2 dengan tema Analisis Data Penelitian dengan Menggunakan SPSS pada Selasa 14 Juni lalu, pada Rabu 15 Juni 2022 diadakan praktikum komputer 2 dengan topik materi yaitu Uji Asumsi Klasik yang diantaranya terdiri dari Uji Normalitas, Linearitas, Heteroskedastisitas, Autokorelasi, Multikoleniaritas, dan Outlier oleh Dosen Pembimbing Lisa Nursita, S.E., M.Si. Adapun jumlah peserta yaitu sebanyak 76 orang mahasiswa semester 4 jurusan MPI angkatan 2020.

Kegiatan praktikum merupakan rangkaian dari mata kuliah Analisis Data dan Teknologi Komputer 3. Tujuan pengujian asumsi klasik ini adalah untuk memberikan kepastian bahwa persamaan regresi yang didapatkan memiliki ketepatan dalam estimasi, tidak bias dan konsisten  sehingga data tersebut bersifat BLUE (Best Linear Unbiased Estimators) uji asumsi klasik adalah syarat-syarat yang harus dipenuhi pada model regresi linear OLS agar model tersebut menjadi valid sebagai alat penduga atau hipotesis dalam data penelitian.

Kegiatan praktikum berjalan lancar dan sukses, peserta memahami materi dan praktik yang dipandu langsung oleh narasumber dan dibantu oleh para fasilitator dengan jelas sehingga peserta mendapatkan kesempatan untuk ilmu pengetahuan mengenai berbagai pokok penting, rumus maupun teori dan praktik tentang uji asumsi klasik tersebut.

Tak lupa peserta menyampaikan kesan dan pesannya selama mengikuti kegiatan yang berlangsung 2 hari tersebut “Kesan dan pesan saya selama mengikuti praktikum SPSS memberikan tambahan ilmu yang lebih banyak, dapat pengalaman, banyak ilmu yang didapatkan dari praktikum tersebut, terutama para pemateri yaitu Ibu St. Ibrah Mustafa Kamal, S.E., M. Sc. dan Ibu Lisa Nursita., S.E., M.Si. telah mengajar dan membimbing kami dengan sangat baik sehingga mudah dipahami serta terima kasih sudah mengajarkan kami banyak ilmu tentang SPSS. Adapun harapan saya semoga kedepannya dapat mengadakan pelatihan penyusunan proposal skripsi” ungkap Athirah Bulqis Rahmat, selaku mahasiswa jurusan MPI angkatan 2020 mewakili seluruh peserta pada kegiatan praktikum.

Pada penghujung acara kegiatan terdapat penyerahan dooprize yang diberikan pada peserta yang turut berpartisipasi aktif dalam menjawab kuis-kuis dengan sempurna selama kegiatan praktikum berlangsung, setelah itu kegiatan praktikum secara resmi ditutup oleh MC dengan ucapan terimakasih dan apresiasi tak lupa diberikan kepada para fasilitator asisten laboratorium dan peserta kegiatan, selanjutnya kegiatan diakhiri dengan sesi dokumentasi bersama narasumber dengan seluruh peserta kegiatan praktikum.


Penulis : Juhrika Wulan Syah

Editor : Lisa N