Gelar Kegiatan Praktikum Komputer Analisis Data Penelitian dengan SPSS, Mahasiswa Antusias

  • 16 Juni 2022
  • 11:05 WITA
  • Administrator
  • Berita

Jurusan Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Alauddin Makassar mengadakan Praktikum Komputer 1 dengan tema Analisis Data Penelitian Dengan SPSS, Selasa 14 Juni 2022 di Aula LT Barat Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Alauddin Makassar dengan jumlah peserta yaitu sebanyak 74 orang mahasiswa semester 4 jurusan MPI angkatan 2020.

Pelaksanaan hari pertama praktikum yang dibimbing oleh Dosen Pembimbing Ibu St. Ibrah Mustafa Kamal, S.E., M.Sc. yang sekaligus menjadi Narasumber dengan membawakan materi dan praktik analisis data penelitian dengan menggunakan SPSS diantaranya yaitu Uji Regresi, Uji Hipotesis, Uji Korelasi, Uji Determinasi, dan Analisis Deskriptif. Para mahasiswa nampak antusias dengan materi yang disampaikan oleh narasumber, tak hanya menyimak dengan seksama tetapi juga melakukan praktik di laptop masing-masing dengan bahan latihan yang telah diberikan untuk dilakukan uji analisis data penelitian dengan menggunakan aplikasi SPSS.

Praktikum komputer analisis data penelitian dengan menggunakan SPSS ini berjalan dengan lancar, peserta memahami materi dan praktik yang di pandu langsung oleh Ibu narasumber dan fasilitator asisten laboratorium yang mendampingi, membantu dan mengarahkan peserta dengan sangat jelas, peserta merasa gembira mendapatkan kesempatan untuk mengikuti praktikum gratis ini tanpa memungut biaya dengan tujuan mendapatkan wawasan ilmu pengetahuan mengenai berbagai pokok penting dalam mengolah data penelitian menggunakan aplikasi SPSS. Peserta berpartisipasi aktif dalam mengikuti kegiatan dari awal hingga selesainya acara dan tak lupa narasumber memberikan apresiasi kepada para peserta dan peserta juga menyampaikan ungkapan syukur dan terima kasih atas kesempatan Narasumber untuk ilmu pengetahuan yang diberikan, kemudian praktikum berakhir dengan sesi dokumentasi bersama narasumber dengan seluruh peserta kegiatan praktikum.

Tak lupa kesan dan pesan disampaikan oleh perwakilan peserta dari kegiatan praktikum “Kesan saya dalam mengikuti pratikum SPSS yang diselenggarakan oleh jurusan membuat saya merasa bersyukur dengan adanya pratikum ini banyak memberikan ilmu terutama dalam penggunaan SPSS untuk menguji data yang nantinya sangat membantu dalam penelitian-penelitian selanjutnya terutama dalam penelitian skipsi nantinya. Harapan saya dalam pratikum ini akan berlanjut terus dengan menggarap isi-isi dari SPSS tersebut dan pratikum ini selanjutnya tidak hanya menyelenggarakan di jurusan saja tetapi pada lingkup fakultas” Ujar Gita Amalia Putri, selaku mahasiswa Prodi Manajamen Pendidikan Islam kelas A angkatan 2020.


Penulis : Juhrika Wulan Syah

Editor : Lisa N