Nilai Akreditasi Telah Keluar, Prodi MPI Meraih Akreditasi Unggul dan Pertama di UIN Alauddin Makassar

  • 27 April 2022
  • 04:08 WITA
  • Administrator
  • Berita

Program Studi (Prodi) Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Alauddin Makassar berhasil meraih akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) dengan nilai 375. Prodi MPI merupakan program studi pertama di UIN Alauddin Makassar yang berhasil konversi akreditasi dari A menjadi Unggul. Rangkaian kegiatan dan proses penyusunan untuk mendapatkan Akreditasi Unggul ini sudah dilakukan sejak Oktober 2021 sampai pada bulan Maret. Berdasarkan surat permohonan No: B-781/Un.06.2/HM.01/03/2022/ tanggal 25 Maret 2022 akhirnya berhasil dilakukan kegiatan finalisasi dan submit dokumen ISK di laman Sapto BAN-PT di Hotel Four Points by Sheraton Makassar.

Unsur-unsur yang terlibat dalam penyusunan laporan konversi akreditasi pada Prodi Manajemen Pendidikan Islam terdiri dari Pimpinan LPM UIN Alauddin Makassar, Pimpinan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Pimpinan Prodi Manajemen Pendidikan Islam, KPM Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, GPM Manajemen Pendidikan Islam, Dosen, Staf, dan Mahasiswa, yang ditetapkan dalam SK Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan No. 3561 Tahun 2021 yang ditetapkan pada tanggal 27 Oktober 2021.

Setelah berhasil submit pada tanggal 28 Maret 2022 lalu, pengumuman hasil reakreditasi akhirnya dikeluarkan oleh BAN-PT kurang lebih satu bulan kemudian. Berdasarkan SK No. 2557/SK/BAN-PT/AK-ISK/S/IV/2022 dinyatakan bahwa Prodi MPI UIN Alauddin Makassar memenuhi syarat peringkat akreditasi Unggul dengan nilai 375, ditetapkan di Jakarta, tanggal 26 April 2022.

Rektor UIN Alauddin Makassar, Prof. Hamdan Juhannis menyampaikan ucapan selamat atas prestasi yang diraih itu. Menurutnya, pencapaian tersebut sangat luar biasa di lingkungan eks IAIN Alauddin. “Selamat untuk semua terkhusus Pimpinan Kaprodi dan Sekprodi, tim akreditasi, dan tim borang dengan terobosan ini pertama prodi yang berlabel unggul. Semoga Prodi yang mengikuti program ISK bisa mengikuti jejak Prodi MPI” kata Prof. Hamdan Juhannis, Selasa, 26 April 2022.

Kemudian, Dekan FTK Dr. H. A Marjuni menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada seluruh tim borang dan Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) yang mengawal proses reakreditasi Prodi MPI hingga meraih predikat unggul. Dr. Marjuni mengatakan, status akreditasi prodi atau perguruan tinggi menjadi salah satu pertimbangan dari seseorang yang ingin melanjutkan kuliah. “Tentu dengan komitmen yang tinggi dan sinergitas yang matang sehingga bisa mencapai akreditasi unggul dan ini tidak terlepas dari tagline FTK, kerja cerdas, kerja ikhlas dan kerja tuntas. Perguruan tinggi akreditasi adalah kegiatan penilaian untuk menentukan kelayakan program studi” Ujarnya.

Tak lupa kesan dan pesan juga disampaikan oleh Ketua Jurusan MPI yang dipenuhi rasa syukur dan haru atas pencapaian dari usaha luar biasa yang dilakukan oleh seluruh TIM ISK MPI “Sebagai pimpinan MPI mengucapkan terima kasih banyak atas apa yang sudah kita lakukan selama ini. KPM, GPM, Tim ISK, dan Mahasiswa sungguh sangat luar biasa dalam mengumpulkan dokumen. Kami hanya bisa mendoakan semoga sehat dan sukses semua. Semoga kerja ini menjadi berkah buat kita.” Tutur Bapak Ridwan Idris S.Ag., M.Pd. selaku Ketua Jurusan Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI)

Ucapan terima kasih untuk seluruh tim penyusun dan seluruh pihak atas dedikasi dan kontribusi yang diberikan selama penyusunan Instrumen Suplemen Konversi (ISK) Manajemen Pendidikan Islam (MPI) hingga pada hari ini Selasa, 26 April 2022 Prodi MPI berhasil meraih Akreditasi “Unggul” semoga seluruh proses usaha yang dilakukan bernilai berkah, berguna dan menjadi amanah luar biasa untuk jurusan.

Manfaat mendapatkan Akreditasi unggul akan meningkatkan daya saing Prodi MPI dibanding prodi lainnya, sehingga dapat meningkatkan minat pendaftar mahasiswa baru. Selain itu, akreditasi unggul ini memberikan jaminan bahwa prodi tersebut memiliki kualitas mutu yang unggul, yang dapat dinikmati oleh mahasiswanya, bahkan akreditasi ini memberikan poin lebih bagi alumni Prodi MPI untuk diterima di perusahaan dan instansi pemerintah.


Penulis : Juhrika Wulan Syah

Editor : Lisa N