Kuliah Umum oleh Menteri Agama Republik Indonesia

  • 03 Maret 2020
  • 12:00 WITA
  • Administrator
  • Berita

Samata- Menteri Agama RI Jenderal TNI (Purn) H. Fachrul Razi memberi Kuliah Umum di UIN Alauddin Makassar dengan tema "Pembinaan Wawasan Kebangsaan pada Keluarga Besar  UIN Alauddin Makassar" (Selasa, 03/03/2020) 

Dalam kuliahnya, H. Fachrul Razi menyampaikan bahwa ada lima program prioritas Kementrian Agama yaitu: 1) Pemberantasan korupsi dalam lingkup Kementrian Agama; 2) Peningkatan kualitas haji dan pembenahan umrah; 3) Pembenahan pendidikan keagamaan; 4) Moderasi beragama; 5) Sertifikasi halal. 

Terkait dengan pembenahan pendidikan keagamaan, Fachrul Razi mengatakan bahwa minat masyarakat saat ini kepada sekolah berbasis islam meningkat, terbukti dengan jumlah pendaftar di madrasah yang tinggi. "Sudah banyak orang tua yang mendaftarkan anaknya ke madrasah saat ini, dan juga ternyata yang mendaftarkan anaknya ke MA tidak hanya lulusan MTs tetapi juga lulusan SMP. Hal ini berarti konsen orangtua dan anak-anak kepada pendidikan yang berbasis islam sudah meningkat."

Kuliah umum dibuka oleh Rektor UIN Alauddin Makassar, Prof. H. Hamdan Juhanis. Dalam sambutannya, disampaikan terima kasih kepada Menteri Agama Fachrul Razi yang telah hadir memberi kuliah umum di UIN Alauddin Makassar. Kuliah umum ditutup dengan penandatanganan Batu Peresmian Gedung PPG Fakultas Tarbiyah dan Keguruan yang dibangun di Kampus III Uin Alauddin Makassar, disaksikan oleh Prof H. Hamdan Juhanis selaku Rektor UIN Alauddin, Dr. Marjuni, M.Ag. selaku Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dan pejabat lainnya. 

Kuliah Umum dihadiri oleh seluruh jajaran pimpinan universitas dan fakultas, serta ratusan dosen dan mahasiswa UIN Alauddin Makassar. 


Penulis : Lisa Nursita