DOSEN DAN PEGAWAI TETAP JURUSAN/PRODI MPI WORKSHOP SIMPEG

  • 13 Januari 2021
  • 12:32 WITA
  • Admin FST
  • Berita

Sistem informasi kepegawaian dalam tatalaksana-manajemen si suatu perkantoran adalah hal sifatnya sangat urgen, sebab tanpa sistem yang jelas, akan tidak jelas pula gambaran adanya mekanisme dan dinamika dalam kegiatan, baik yang sifatnya kelembagaan maupun yang bersifat personalisasi.

Salah satu unsur pendukung pelaksanaan fungsi manajemen adalah sebuah Organisasi, keberadaan dan kelancaran aktifitas pegawai atau karyawan dalam kegiatan organisasi tersebut.

Sistem Kepegawaian  bertujuan untuk kelancaran tugas organisasi dan menjadi unsur pendukung dalam kelancaran aktifitas administrasi.

Pemanfaatan teknologi informasi dapat menghasilkan efisiensi dalam berbagai aspek pengelolaan informasi yang ditunjukkan oleh kecepatan dan ketepatan waktu pemrosesan, serta ketelitian dan kebenaran informasi (validitas) yang dihasilkan. Hal ini berkaitan dengan penggunaan perangkat keras komputer (hardware), program aplikasi pendukung (software), perangkat komunikasi dan internet sebagai sarana pengelolaan informasi, demikian disampaikan Ketua Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar H. Muhammad Yahya di sela-sela workshop sistem informasi kepegawaian (SIMPEG) yang melibatkan seluruh dosen dan karyawan di lingkup Jurusan Kependidikan Islam yang jumlahnya 21 orang peserta berlangsung di Aula Senat Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin hari kamis (7 November 2013).

Dalam kesempatan itu, Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin, Dr. Salehuddin, M. Ag saat memberikan sambutaan pada acara pembukaan workshop tersebut mengatakan 'SIMPEG sangat penting dalam memberikan pelayanan kepada seluruh personalia yang ada karena pegawai merupakan aset penting dalam penyelenggaraan organisasi yang perlu dikelola dengan baik. Pengelolaan pegawai yang baik dalam lingkup kecil akan meningkatkan kinerja pegawai dan dalam lingkup yang lebih besar dan akan membawa perbaikan kinerja dalam upaya meningkatkan mutu pelayanan secara keseluruhan. Menurutnya, bahwa mengingat pentingnya pengelolaan data pegawai tersebut, maka peningkatan kualitas pengelolaan kepegawaian melalui implementasi Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian merupakan salah satu prioritas dalam tahapan pengembangan e-government.

Dalam pada itu Ketua panitia pelaksana Hamsiah Djafar menyampaikan bahwa kegyang secara dinamis ditujukan untuk :

  • Mendapatkan solusi terpadu dalam lingkup tata kerja kepegawaian di lingkungan jurusan manajemen pada khususnya dan UIN Alauddin pada umumnya
  • Menerapkan perluasan sarana kerja berbasis teknologi tinggi yang mudah namun efektif dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan, secara internal maupun eksternal.
  • Mencapai kualitas hasil kerja dan pelayanan yang memadai.
  • Menuju pada tersosialisasinya budaya tertib dan budaya teknologi, secara gradual dan sistematik di lingkungan internal prodi MPI dalam mewujudkan tata kerja yang tertib, efisien dan mencerminkan semangat keterbukaan.

Beberapa manfaat dalam pengembangan Sistem Informasi Kepegawaian adalah sebagai berikut :

  • Memberikan informasi yang cepat, tepat dan akurat mengenai kepegawaian.
  • Membantu menganalisis personal yang pantas untuk duduk pada suatu posisi tertentu di organisasi.
  • Memberikan sistem kesejahteraan yang optimal, sesuai prestasi yang dicapai.
  • Pengelolaan data yang lebih muda

Kegiatan yang melibatkan nara sumber dua orang dari Pusat Komunikasi (Puskom) UIN Alauddin, yaitu Nur Afif,ST, MT. dan Faisal Akib, S.Kom, M.kom. masing-masing memberikan penekanan bahwa semua dosen dan karyawan harus memanfaatkan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian ( SIMPEG ) yang ditawarkan, sebab memiliki fitur-fitur kemampuan sistem yang sangat besar manfaatnya dalam menyimpan data, diantaranya :
Mampu mencatat data individu yang meliputi :

* Biodata
* Riwayat Pendidikan Formal dan Non Formal
* Riwayat Pelatihan Kepegawaian
* Riwayat kepangkatan dan jabatan
* Daftar Penilaian dan Pelaksanaan Pekerjaan (DP3)
* Riwayat Keluarga
* Riwayat Penghargaan / Tanda Jasa
* Riwayat Pengalaman
* Riwayat Organisasi
* Riwayat Cuti
* Riwayat Gaji

Mampu menghasilkan berbagai keluaran, antara lain:

* Daftar Urut Kepangkatan
* Daftar Susunan Kepangkatan
* Daftar Kekuatan Kepegawaian
* Daftar Kenaikan Pangkat Struktural
* Daftar Kenaikan Gaji Berkala
* Rencana Kenaikan Pangkat
* Pendidikan yang telah diikuti
* Historis Karir
* Laporan Statistik Pegawai
* Surat Keputusan

  • Memiliki sistem security yang handal, yang dapat memberikan akses secara luwes namun aman.
  • Mampu mendayagunakan database populer yang tersedia di pasaran (SQL Server, Oracle, MySQL, dll).
  • Mudah digunakan (user friendly).
  • Menerapkan sistem multi-user.
  • Luwes dalam penerapan kebutuhan topologi jaringan.
  • Dapat diintegrasikan dengan Sistem Informasi Penggajian ( Payroll System ) maupun Sistem Absensi Sidik Jari.

 Selama kegiatan tersebut berlangsung, semua peserta merasa senang dan puas