Memperkuat Numerasi, Dosen Prodi MPI Menjadi Fasilitor Kegiatan Pendampingan Organisasi Penggerak Guru SD

  • 05 Maret 2023
  • 12:43 WITA
  • Administrator
  • Berita

Berita membanggakan datang dari Dosen Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) yaitu St. Ibrah Mustafa Kamal, S.E., M.Sc. dan Lisa Nursita, S.E., M.Si., yang berhasil lolos menjadi fasilitator daerah pada kelas Numerasi dengan tema kegiatan “Pendampingan Organisasi Penggerak untuk Guru Sekolah Dasar (SD)” mewakili kota Makassar. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan online yang sudah dilakukan tahun 2022. Kemudian diperkuat lagi dengan pertemuan offline pada tanggal 2-4 Maret 2023 di Hotel Aryaduta Makassar.

Kegiatan ini merupakan naungan dari Kementerian, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang di selenggarakan oleh Pengurus Pusat Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif Nahdlatul Ulama (NU). Sebelum menjadi Fasilitator Daerah, ada tes yang wajib diikuti secara nasional. Fasilitator Daerah merupakan perwakilan setiap kabupaten untuk mengajarkan kelas Numerasi. Total peserta pada kegiatan ini adalah 160 guru di Sulawesi Selatan yang terdiri dari kota Makassar, Bantaeng, Pare-Pare, Bone dan Pinrang.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menyampaikan materi ajar dan memperkuat numerasi di kelas 1-3 SD. Adapun materi yang di sampaikan yaitu, Konsep bilangan, Garing bilangan kosong, Eksplorasi bilangan, Pengantar pola dan pola bilangan, Nilai tempat, dan Penjumlahan serta pengurangan dengan berbagai media ajar dengan memanfaatkan barang bekas sebagai media ajar yang diberikan kepada guru yang inovatif. Guru yang didampingi oleh St. Ibrah Mustafa Kamal, S.E., M.Sc. dan Lisa Nursita, S.E., M.Si pada lingkup kota Makassar kelas numerasi adalah SDN Kassi, SDN Unggulan Pemda, SDN Komplek IKIP, dan SDN Minasaupa dengan jumlah total peserta 13 guru.

Lisa Nursita, S.E., M.Si. dan St. Ibrah Mustafa Kamal, S.E., M.Sc. menyampaikan bahwa sangat bersyukur karena terpilih menjadi fasilitator pada kegiatan ini. Tentunya kegiatan ini merupakan amanah untuk bisa berkontribusi pada peningkatan mutu pendidikan agar pendidikan di Indonesia semakin berkembang, tak lupa juga menyampaikan harapannya semoga dapat terpilih kembali dalam kegiatan yang skalanya nasional maupun internasional yang tentunya berkaitan dengan dunia pendidikan.

 

Penulis : Nur Hikmah Maudinah

Editor : Lisa N